Nafisyah, Chofifah Lailatun (2023) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar Honey-Mumford. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7 (1). pp. 1037-1048. ISSN 2614-8854
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
3873-Article Text-26190-1-10-20240113.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar menurut teori Honey-Mumford, yaitu aktivis, reflektor, pragmatis dan teoris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di MTs Negeri Gresik dengan subjek penelitian kelas VIII-B. Dari setiap gaya belajar tersebut diambil masing-masing 1 subjek untuk dilakukan tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara sebagai proses triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) subjek dengan gaya belajar reflektor memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik, mampu memenuhi semua indikator yaitu written text, drawing dan mathematical exspression. (2) subjek dengan gaya belajar aktivis cenderung mengalami kesulitan dalam mencapai indikator kemampuan komunikasi matematis, terutama dalam written text. (3) subjek dengan gaya belajar teoris memiliki ketidakstabilan dalam memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis, yang disebabkan oleh pemahaman konsep matematika yang belum kuat secara menyeluruh. (4) subjek dengan gaya belajar pragmatis memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik dalam written text dan mathematical exspression, meskipun mungkin kurang dalam kemampuan drawing. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam penguasaan kemampuan komunikasi matematis oleh masing-masing tipe gaya belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Matematis; Gaya Belajar; Honey-Mumford; Matematika. |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Chofifah Lailatun Nafisyah |
Date Deposited: | 14 May 2024 04:14 |
Last Modified: | 14 May 2024 04:14 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10049 |
Actions (login required)
View Item |