Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring

Dyansatithi, Nusareshi (2024) Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring. PSIKODINAMIKA, 4 (1). pp. 15-24. ISSN 2775-2860

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (79kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2024_TA_PSI_200701032_Jurnal.pdf

Download (210kB)
Official URL: https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psiko...

Abstract

Membaca termasuk kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap individu. Dengan kemampuan membaca maka individu dapat mengungkapkan pikiran atau gagasan untuk maksud dan tujuannya. Salah satu kemampuan membaca adalah membaca nyaring. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik penguatan positif untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring menggunakan media flashcard. Subjek dalam penelitian ini adalah anak laki-laki kelas IV SD dengan kemampuan membaca nyaring yang kurang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Single Suject Research (SSR) dengan subjek tunggal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar penilaian indikator membaca nyaring. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif berupa analisis grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif teknik penguatan positif menggunakan media flashcard terhadap kemampuan membaca nyaring yang ditunjukkan dari peningkatan skor dari baseline awal (A1) sebanyak 5 menjadi 8 pada baseline akhir (A2).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penguat positif, Membaca nyaring, Flashcard
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Nusareshi Dyansatithi
Date Deposited: 16 May 2024 11:47
Last Modified: 16 May 2024 11:47
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item View Item