Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di MI Matholi’Ul Falah Dungus Gresik

Indriani, Vivi Nur (2024) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di MI Matholi’Ul Falah Dungus Gresik. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3 (7). pp. 58-68. ISSN 3025-6488

[img]
Preview
Text
4. Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
1. Artikel Vivi Nur Indriani.pdf

Download (380kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindoroc...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi GLS di MI Matholi’ul Falah Desa Dungus, Cerme Gresik. Serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi GLS di MI Matholi’ul Falah Desa Dungus, Cerme Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Matholi’ul Falah. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 5, dan 6 peserta didik kelas 5. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MI Matholiul Falah masih dalam tahap pembiasaan. Hal itu dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut. Peneliti menemukan faktor pendukung dalam implementasi GLS yaitu kepala sekolah yang berkomitmen untuk melaksanakan program literasi sekolah. Di samping itu peneliti menemukan faktor penghambat yaitu kurangnya sarana prasarana, bahan bacaan yang kurang bervariasi, minat baca peserta didik yang rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, GLS, Sekolah Dasar
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Vivi Nur Indriani
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:29
Last Modified: 02 Apr 2024 03:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10185

Actions (login required)

View Item View Item