Analisis Perkembangan Sikap Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di UPT SDN 263 Gresik

Aghniya, Mau’una Ziyan (2023) Analisis Perkembangan Sikap Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di UPT SDN 263 Gresik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (2). pp. 1970-1982. ISSN 2477-2143 (Submitted)

[img]
Preview
Text
halaman mauna.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
artikel mauna.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/artic...

Abstract

Siswa yang membutuhkan bantuan berkebutuhan khusus menghadapi berbagai tantangan dalam hal sikap sosial dan metode komunikasi mereka. Namun, pemeriksaan yang lebih menyeluruh terhadap masalah ini mengungkapkan bahwa tidak semua siswa berkebutuhan khusus bergumul dengan interaksi mereka dengan teman sebaya atau individu lain. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui perkembangan sikap sosial yang ditampilkan oleh anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di UPT SDN 263 Gresik. Selain itu, bertujuan untuk mengkategorikan jenis siswa berkebutuhan khusus dan mengevaluasi proses belajar mengajar di UPT SDN 263 Gresik dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari satu orang guru pendamping khusus (GPK), beberapa siswa berkebutuhan khusus, dan siswa reguler di UPT SDN 263 Gresik. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi melalui penggunaan lembar observasi dan kamera. Kajian ini mengkaji kondisi kelas yang terdiri dari anak berkebutuhan khusus dan reguler, serta menitikberatkan pada perkembangan sikap sosial di antara mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: The cild with special needed, Social attitude, Disability
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Mau’una Ziyan Aghniya'
Date Deposited: 06 May 2024 11:29
Last Modified: 06 May 2024 11:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10397

Actions (login required)

View Item View Item