Analisis Translasi Representasi Matematis dalam Menyelsaikan AKM Data dan Ketidakpastian Berdasarkan Gaya Berpikir

Rahmah, Anisa Fitri Nur (2023) Analisis Translasi Representasi Matematis dalam Menyelsaikan AKM Data dan Ketidakpastian Berdasarkan Gaya Berpikir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7 (1). pp. 1066-1073. ISSN 2614-8854

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL JURNAL ANISA.pdf

Download (303kB) | Preview
Official URL: https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/...

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi kemampuan siswa SMP dalam translasi representasi matematis saat menjawab soal AKM numerik, dengan fokus pada gaya berpikir. Dalam upaya meningkatkan standar pendidikan di Indonesia, kurikulum modern menekankan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah menghubungkan gaya berpikir siswa dengan kemampuan translasi representasi matematis menggunakan soal AKM numerik, memberikan wawasan kepada pendidik dan stakeholders. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan subjek penelitian 32 siswa kelas VIII di SMPN, dipilih berdasarkan gaya berpikir. Data dikumpulkan melalui survei gaya belajar, ujian AKM, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada 9 November 2023. Hasil menunjukkan variasi gaya berpikir, dengan sekuensial konkret (41,9%), acak konkret (32,3%), acak abstrak (19,4%), dan sekuensial abstrak (6,4%). Siswa terpilih menjawab soal AKM numerik. Temuan menyoroti perbedaan dalam pemahaman, koordinasi, konstruksi, dan penilaian solusi di antara siswa. Siswa sekuensial konkret memiliki kemampuan translasi verbal yang sangat baik, sedangkan siswa sekuensial acak dan acak konkret cenderung kurang baik, terutama dalam representasi simbolik. Gaya berpikir acak abstrak juga tergolong kurang baik dalam translasi. Tahap unpacking the source dan preliminary coordination menjadi tantangan bagi beberapa siswa. Penelitian menyimpulkan bahwa meskipun jawaban akhir serupa, siswa dengan gaya berpikir berbeda menunjukkan proses penyelesaian yang beragam dalam translasi representasi matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Translasi;Representasi Matematis;Numerasi;AKM;Gaya Berpikir
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Anisa Fitri Nur Rahmah
Date Deposited: 14 May 2024 02:39
Last Modified: 14 May 2024 02:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10419

Actions (login required)

View Item View Item