Firdyanti, Safira Aryundani (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV UPT SDN 19 Gresik. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2 (1). pp. 21-31. ISSN 3030-8496
Text
1. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (85kB) |
|
Text (Artikel Publikasi)
2. ARTIKEL SAFIRA ARYUNDANI FIRDYANTI.pdf Download (430kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SDN 19 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SDN 19 Gresik yang berjumlah 54 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik parametik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol lebih rendah daripada kelas eksperimen. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 67,78 dan kelas ekperimen adalah 72,78. Berdasarkan uji N-Gain rata-rata kelas kelas eksperimen sebesar 8,15 dengan kategori tinggi. Maka model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t diperoleh bahwa nilai Sig(two-tail) sebesar 0,0365. Dengan demikian, Sig(two-tail) = 0,0365 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SDN 19 Gresik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif, make a match, hasil belajar |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Safira Aryundani Firdyanti |
Date Deposited: | 16 May 2024 11:27 |
Last Modified: | 16 May 2024 11:27 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10426 |
Actions (login required)
View Item |