Istiqomah, Reza Cahyani (2023) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 6 (3). pp. 446-453. ISSN 2655-4798
|
Text
halaman persetujuan reza.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
artikel reza.pdf Download (591kB) | Preview |
Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu program yang didesain untuk menciptakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau menjadi manusia yang pancasilais. Permasalahan yang terlihat pada lembaga PAUD di Gresik yakni, pencapaian penerapan program penguatan profil pelajar pancasila yang dilakukan melalui pembelajaran berbasis projek. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menjelaskan tentang bagaimana lembaga-lembaga PAUD di Gresik yang menerapkan profil pelajar Pancasila dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian jenis survei kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun instrumen yang dilakukan dalam penelitian adalah bagaimana penerapan, langkah-langkah, perencanaan, pengelolaan, pendokumentasian, dan evaluasi pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada saat kegiatan dilaksanakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengambil bentuk kuesioner, kemudian Data dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 34 lembaga di Gresik menunjukkan data bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah diimplementasikan sebanyak 75%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini; Profil Pelajar Pancasila; Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Early Childhood Education Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Education of Early Childhood Teacher Study Program |
Depositing User: | Reza Cahyani Istiqomah |
Date Deposited: | 27 May 2024 02:41 |
Last Modified: | 27 May 2024 02:41 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10517 |
Actions (login required)
View Item |