Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

Istiqomah, Reza Cahyani (2023) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 6 (3). pp. 446-453. ISSN 2655-4798

[img] Text
halaman persetujuan reza.pdf

Download (343kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
artikel reza.pdf

Download (591kB)
Official URL: https://aulad.org/aulad/article/view/562

Abstract

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu program yang didesain untuk menciptakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau menjadi manusia yang pancasilais. Permasalahan yang terlihat pada lembaga PAUD di Gresik yakni, pencapaian penerapan program penguatan profil pelajar pancasila yang dilakukan melalui pembelajaran berbasis projek. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menjelaskan tentang bagaimana lembaga-lembaga PAUD di Gresik yang menerapkan profil pelajar Pancasila dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian jenis survei kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun instrumen yang dilakukan dalam penelitian adalah bagaimana penerapan, langkah-langkah, perencanaan, pengelolaan, pendokumentasian, dan evaluasi pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada saat kegiatan dilaksanakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengambil bentuk kuesioner, kemudian Data dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 34 lembaga di Gresik menunjukkan data bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah diimplementasikan sebanyak 75%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini; Profil Pelajar Pancasila; Kurikulum Merdeka
Subjects: Early Childhood Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Education of Early Childhood Teacher Study Program
Depositing User: Reza Cahyani Istiqomah
Date Deposited: 27 May 2024 02:41
Last Modified: 27 May 2024 02:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10517

Actions (login required)

View Item View Item