Sistem Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Addittive Ratio Assessment (Aras) : Studi Kasus MI Darul Ulum Benem

Baihaqi, Muhammad (2024) Sistem Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Addittive Ratio Assessment (Aras) : Studi Kasus MI Darul Ulum Benem. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 7 (3). pp. 46-62. ISSN 2621-3052

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
Artikel_Muhammad Baihaqi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ojs.serambimekkah.ac.id/jnkti/article/view...

Abstract

Penilaian Kinerja Guru atau bisa dikenal dengan istilah PKG adalah penilaian yang dilakukan oleh Kepala Sekolah kepada guru di sekolahnya. Penilaian kinerja guru dilakukan di waktu yang sudah ditentukan berdasarkan peraturan yang ada. MI Darul Ulum Benem salah satunya sekolah yang menerapkan penilaian kinerja guru yang dilakukan setiap tahun sekali. Tetapi dalam melakukan proses penilaian kinerja guru sering terjadi banyak masalah dan lama, seperti kesalahan dalam menilai seseorang dalam berbagai hal, kesalahan memasukan data dan penilaian dilakukan secara manual. Dari permasalahan yang ada diatas dapat diselesaikan dengan dibuatnya sebuah sistem yang dapat menyelesaikan permasalahan yang mana nantinya akan menghasilkan sebuah rekomendasi dari peringkat guru. Oleh karena itu dibangunlah sistem penunjang keputusan untuk dengan menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) dan pembobotan kriteria dengan metode Rank Order Centroid (ROC) untuk melakukan perhitungan yang akan menghasilkan nilai terbesar untuk alternatif penilaian kinerja guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Addictive Ratio Assessment, Rank Order Centroid, Penilaian Guru
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program
Depositing User: Muhammad Baihaqi
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:38
Last Modified: 27 Jun 2024 03:38
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10659

Actions (login required)

View Item View Item