Farodisa, Salwa (2024) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Dakon Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas III SD. Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2 (3). pp. 1-10. ISSN 3030-8496
|
Text
1. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
2. ARTIKEL SALWA FARODISA.pdf Download (275kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media dakon terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas III dan kendala dalam penerapannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III UPT SDN 17 Gresik yang berjumlah 49 peserta didik, dengan sampel berjumlah 28 peserta didik dari kelas III A dan 21 peserta didik dari kelas III B. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara model STAD berbantuan media dakon terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika kelas III SD. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kendala yang dialami peneliti, yaitu, penerapan model STAD membutuhkan waktu yang lebih lama daripada menggunakan model pembelajaran konvensional dan beberapa peserta didik masih bingung dalam penggunaan media dakon, dikarenakan hal ini menjadi hal baru untuk peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ability to Understand Concepts;Mathematics;Dakon Media;STAD Model |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Salwa Farodisa |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 17:57 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 17:57 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10750 |
Actions (login required)
View Item |