Mulyani, Jaya Dina (2023) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Penyelesaian Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14 (3). pp. 352-364. ISSN 2579-7646
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
17300-57365-1-PB.pdf Download (819kB) | Preview |
Abstract
Artikel ini membahas bagaimana siswa SMP, dalam belajar mandiri, mampu mengkomunikasikan ide-ide matematika dan memecahkan masalah matematika. Pada semester genap tahun ajaran 2022-2023, semua peserta didik SMP kecamatan Duduksampeyan kelas VII menjadi populasi. Pengambilan sampel secara acak kelompok proporsional digunakan untuk memilih sampel. Tes dan kuesioner menjadi instrumen dalam penelitian ini. Teknik analisisnya menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan aplikasi AMOS 24. Berdasarkan hasil penelitian, kemandirian belajar memiliki dampak langsung terhadap komunikasi matematis, yang pada akhirnya berdampak pada pemecahan masalah matematika. Selain itu, kemandirian belajar memiliki dampak tidak langsung terhadap kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah matematika, sehingga dibutuhkan komunikasi matematis menjadi variabel perantara atau intervening
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, komunikasi matematis, penyelesaian masalah |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Jaya Dina Mulyani |
Date Deposited: | 24 Feb 2024 18:08 |
Last Modified: | 24 Feb 2024 18:08 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10966 |
Actions (login required)
View Item |