PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTs NURUL ISLAM PONGANGAN

Mariyana, Wiwin (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTs NURUL ISLAM PONGANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Pendidikan adalah proses interaksi yang terjadi anatara guru dan siswa, yang bertujuan meningkatkan perkembangan mental. Sehingga menjadi mandiri dan utuh. Secara umum dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan satuan tindakan yang memungkinkan terjadinya belajar dan perkembangan. Peneliti memilih model Creative Problem Solving karena model tersebut merupakan solusi kreatif sebagai upaya pemecahan masalah yang dilakukan melalui sikap dan pola pikir kreatif, memiliki banyak alternatif pemecahan masalah, menumbuhkan kepercayaan diri, keberanian menyampaikan pendapat, berfikir divergen, dan fleksibel dalam upaya pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan menggunakan model Creative Problem Solving. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VII MTs Nurul Islam Pongangan pada semester genap materi segiempat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) Observasi aktivitas guru dan aktivitas pesrta didik. (2) Tes Hasil Belajar. (3) Metode Angket. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar pengamatan aktivitas guru. (2) lembar pengamatan aktivitas peserta didik. (3) lembar soal tes hasil belajar. (4) lembar angket motivasi peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: (1) aktivitas guru dalam melakukan pembelajaran dalam kategori baik. (2) aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dalam kategori baik. (3) ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah tuntas. (4) motivasi peserta didik selama mengikuti pembelajaran dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 00:38
Last Modified: 08 Mar 2019 01:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item