IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV MENGGUNAKAN MULTIPLE SOLUTION TASK (MST) PADA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME

Darmayanti, Titik (2017) IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV MENGGUNAKAN MULTIPLE SOLUTION TASK (MST) PADA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu mempersiapkan siswa agar memiliki keterampilan berpikir. Salah satunya yaitu keterampilan berpikir kreatif. Mengingat pentingnya berpikir kreatif bagi siswa dalam mengembangkan proses pembelajaran. Maka guru perlu mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah matematika. Salah satu cara yang dapat mengukur kemampuan berpikir yang dimiliki siswa yaitu dengan pemberian Multiple Slution Task (MST) yang secara eksplisit meminta siswa untuk menyelesaikan masalah matematika yang diberikan dengan cara penyelesaian yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linier dua variabel menggunakan Multiple Solution Task (MST). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIC SMP Muhammdiyah 7 Cerme tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan penelitian ini yaitu lembar tes pemecahan masalah, hasil tes pemecahan masalah dianalisis menggunakan Scoring Scheme dan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada 2 siswa (10,5%) yang termasuk dalam TKBK 4 (Sangat Kreatif), 1 siswa (5,3%) yang termasuk dalam TKBK 3 (Kreatif), 5 siswa (26,3%) yang termasuk dalam TKBK 2 (Cukup Kreatif) dengan karakteristik hanya memenuhi komponen fleksibilitas, tidak ada siswa (0%) yang termasuk dalam TKBK 1 (Kurang Kreatif), dan terdapat 11 siswa (52,6%) yang termasuk dalam TKBK 0 (Tidak Kreatif).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 00:38
Last Modified: 08 Mar 2019 01:28
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item