Marzuki, Ismail (2017) OPTIMALISASI PERAN GURU KELAS SEBAGAI KONSELOR SISWADI SEKOLAH DASAR. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1 (1). pp. 37-49. ISSN E-ISSN : 2599-2716
|
Text
artikel ismail.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan bimbingan-konseling (BK) penting karena tidak menutup kemungkinan ada siswa yang mengalami permasalahan dalam belajar. Melaluikegiatanini diharapkan masalah tersebutdapatdiurai sehingga tugas perkembangannya bisa tercapai dengan optimal. Berbeda dengan di sekolah menengah yang kegiatannya ditangani guru khusus, di sekolah dasar kegiatan BK merupakan tugas dan tanggung jawab guru kelas. Realitas lapangan menunjukan bahwa peran inimasih belum optimal. Oleh karena itu perlu upaya dari berbagai pihak untuk memikirkan dan membantu menyelesaikan masalah ini. Salah satuupaya ituadalah melaksanakan pelatihan atauworkshopterhadap para guru seperti yang dilakukan tim dosen PGSD UMG. Penelitian ini adalahpenelitian tindakan (action reaserch),dengan subjek guru-guru SD Muhammadiyah 01 (SDM 01) BenjengGresik. Penelitian melibatkan tigadosen dan seorang mahasiswa sebagai narasumber dan observer. Ada tiga kegiatan dalam analisis ini yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatperubahanpositif pada guru SDM 01 Benjengterhadap kegiatanBK di sekolahsetalah diadakan pelatihan. Perubahan itu berupameningkatnya wawasan guru mengenai materi pelatihanyakni, urgensi, ruang lingkup, prosedur, dan strategi kegiatan BK. Perubahan lainnya adalah para guru telah mampu membuat administrasi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, hingga administrasi pelaporan kegiatanBK dengan baik
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan, Layanan Bimbingan Konseling |
Subjects: | Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 02 May 2018 03:39 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 07:55 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/113 |
Actions (login required)
View Item |