Sari, Fitri Indah (2024) Meningkatkan Motorik Halus Melalui Teknik Positive Reinforcement Dengan Media Playdough Pada Anak Usia 3 - 4 Tahun. Jendela Bunda, 12 (01). pp. 52-60. ISSN 2685-564X
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf Download (1MB) |
|
Text (Artikel Publikasi)
2024_TA_PSI_200701021_Jurnal.pdf Download (334kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui teknik positive reinforcement dengan media playdough pada anak usia 3-4 tahun di Layanan Psikologi Psynergy Indonesia. Berdasarkan hasil pemeriksaan psikologi kemandirian sosial yang telah dilakukan ditemukan bahwa aspek kemandirian sosial yang kurang berkembang adalah aspek motorik halus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pre and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun yang melakukan pemeriksaan psikologi kemandirian sosial di Layanan Psikologi Psynergy Indonesia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 3 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen checklist, observasi, dan tes psikologi. Analisis data yang digunakan adalah analisis trend analysis. Hasil analisis data menunjukkan titik akhir garis median (garis berwarna hitam) berada di atas titik akhir garis skor awal-akhir (garis biru) sehingga dapat disimpulkan bahwa positive reinforcement dengan media playdough terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Layanan Psikologi Psynergy Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik Halus, Positive reinforcement, Playdough |
Subjects: | Psychology > Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Fitri Indah Sari |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 17:03 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 17:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11343 |
Actions (login required)
View Item |