Fatimah, Fatimah (2023) Meningkatkan Minat Baca Siswa Tuna Rungu menggunakan Metode Membaca Ujaran ada Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi di UPT SDN 13 Gresik. Jurnal Ilmiah Psikomuda Connectedness, 3 (2). pp. 155-167. ISSN 2798-1401
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
document.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
Abstract
Metode membaca ujaran adalah salah satu metode pembelajaran yang efektif dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa tuna rungu. Metode membaca ujaran akan memudahkan siswa tuna rungu dalam proses peningkatan minat belajar. Metode membaca ujaran merupakan salah satu metode pembelajaran berbahasa bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu yang bertujuan agar penderita mengerti pembicaran orang melalui gerak bibir lawan bicara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa tuna rungu dengan menggunakan metode membaca ujaran di UPT SDN 13 Gresik.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimenal one group prettest-posttest. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, pretest dan posttest, pretest dan postets dilakukan dengan berpacu pada indikator minat baca milik Safari tahun 2003. Teknik analisis data yang digunakan adalah gain score. Berdasarkan hasil analisis gain score menunjukan hasil bahwa metode membaca ujaran efektif digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa tuna rungu di UPT SDN 13 Gresik, hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan minat baca pada partisipansetelah dilaksanakan intervensi menggunakan metode membaca ujaran walaupun nilainya tidak signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat baca, metode membaca ujaran, tuna rungu |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Fatimah Fatimah |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 16:55 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 16:55 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11621 |
Actions (login required)
View Item |