Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa SMA Semen Gresik

Agustine, Chandra Kartika (2017) Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa SMA Semen Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (198kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
8. daftar pustaka.pdf

Download (292kB)

Abstract

Menurunnya kualitas pendidikan di Indonesia bukanlah hal yang baru lagi. Menurut Hasbullah (2005:404) penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia adalah berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internalnya adalah kurangnya kemandirian belajar pada siswa. Kemandirian belajar merupakan proses dimana individu mengambil inisiatif dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pembelajarannya. Salah satu karakteristik siswa yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar pada diri siswa adalah motivasi pada diri siswa. Dalam meningkatkan motivasi berprestasi bagi diri siswa, peran atau dukungan sosial dari orangtua adalah hal yang sangat diperlukan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar pada siswa sekolah menengah atas. Populasi di dalam penelitian ini adalah siswa/i pada SMA Semen Gresik dan sampel penelitian ini adalah 120 siswa di SMA Semen Gresik. Penelitian ini menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu Skala Kemandirian Belajar dan Skala Dukungan Sosial Orangtua yang disusun sendiri oleh peneliti dalam bentuk Skala Likert berdasarkan lima bentuk dasar dukungan Sosial Orangtua (Sarafino, 2002:98) dan aspek kemandirian belajar (Song and Hill, 2007:31-32). Skala Dukungan Sosial Orang tua nilai reliabilitas (rxx )=0.887 dan terdiri dari 40 aitem, sedangkan Skala Kemandirian Belajar nilai reliabilitas (rxx)=0.983 dan terdiri dari 40 aitem. Analisa penelitian menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS 18.0 for windows. Diketahui bahwa rhitung > r tabel (0,549 > 0,185), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien korelasi positif menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi adalah searah, apabila skor dukungan sosial tinggi maka kemandirian belajar siswa semakin tinggi, begitu pula sebaliknya. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Dukungan Sosial Orang Tua

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2018 00:14
Last Modified: 06 Mar 2019 07:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item View Item