Implementasi Keterampilan Menulis Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Manbaul Ulum Semampir

Sari, Intan Novita (2024) Implementasi Keterampilan Menulis Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Manbaul Ulum Semampir. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 3 (5). ISSN 2988-6309

[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL INTAN.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.warunayama.org/index.php/argopuro...

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia sangat penting untuk meningkatkan keterampilan bahasa siswa di sekolah. Kurikulum 2013 membagi mata pelajaran bahasa Indonesia menjadi tiga bidang: Sikap, Pengetahuan, dan Kompetensi. Memungkinkan siswa untuk menulis dan menggunakan teks untuk tujuan sosial dan fungsi. Jadi menulis adalah salah satu kemampuan yang diperlukan. model pembelajaran berbasis proyek melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan mengerjakan dan menyelesaikan proyek pembelajaran. Model pembelajaran berbasis proyek memiliki banyak keuntungan, termasuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian siswa serta meningkatkan keterampilan dasar seperti berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan membuat Keputusan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berupaya memberikan gambaran mengenai keadaan atau fenomena yang terjadi secara nyata, realistis dan actual dan memiliki tujuan untuk menggambarkan fakta yang ada melalui data deskriptif. Hasil penelitian yang terdiri aktivitas siswa dan hasil belajar menulis puisi melalui menggunakan model pembelajaran berbasis proyek telah mengalami peningkatan yang sangat bagus. Dampak implementasi berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia pada pokok bahasan menulis puisi melalui model pembelajaran berbasis proyek Dari segi ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal menunjukkan telah tuntas atau kategori sangat tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, PjBL, Keterampilan Menulis
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Intan Novita Sari
Date Deposited: 22 Mar 2024 21:30
Last Modified: 22 Mar 2024 21:30
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item