Lestari, Tiara Novita (2024) Pengembangan Media Snake Board Game Pada Materi Macam-Macam Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Doudo. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_Halaman Orsinalitas.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_Lembar Pengesahan Ujian Skripsi.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_Lembar Persetujuan Ujian Skripsi.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_Halaman Judul.pdf Download (725kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_BAB I.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_BAB II.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_BAB III.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_BAB V.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_Daftar Pustaka.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PGSD_200404036_Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Media Snake Board Game pada Materi Macam-macam Pekerjaan untuk Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Doudo dan mengetahui kevalidan media pembelajaran Media Snake Board Game pada Materi Macam-macam Pekerjaan . Penelitian yang dilakukan termasuk dalam kategori penelitian pengembangan dan mengikuti metode penelitian ADDIE yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIM 03 Doudo sebanyak 8 orang, serta 2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi yang memiliki pengetahuan luas di bidangnya masing-masing. Pengumpulan data digunakan lembar validasi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar sebagai teknik dan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan media pembelajaran Snake Board Game memenuhi standar kualitas bahan pembelajaran. Hal ini terlihat dari beberapa aspek sebagai berikut: a) Validasi media Snake Board Game yang dilakukan oleh dua validator ahli menghasilkan rata-rata rating validasi sebesar 90,62% yang berarti tingkat validitas tinggi. Selain itu, ahli materi memberikan rata-rata nilai validasi sebesar 86,25% juga termasuk dalam kategori sangat valid. b) Respon siswa ketika dievaluasi memperoleh skor 90,75%. Skor ini termasuk dalam rentang sangat baik dan menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran. c) Keefektifan media pembelajaran dibuktikan dengan rata-rata nilai tes yang mencapai 97,5. Selanjutnya seluruh siswa mencapai nilai di atas nilai ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dan berhasil menyelesaikan kegiatan tes dengan tingkat keberhasilan 100%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan media, model penelitian ADDIE, media pembelejaran Snake Board Game |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Tiara Novita Lestari |
Date Deposited: | 12 Apr 2024 19:03 |
Last Modified: | 12 Apr 2024 19:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12082 |
Actions (login required)
View Item |