Jannah, Rizky Amalia Miftakhul (2023) Optimalisasi Penggunaan Metode Word Square Dan Scramble Dalam Menumbuhkan Karakter Peserta Didik Pancasila di UPT SD Negeri 119 Gresik. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11 (1). pp. 54-67. ISSN 2527-7049
|
Text
Halaman persetujuan publikasi rizky amal.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
Optimalisasi Penggunaan Metode Word Square Dan Scramble Dalam Menumbuhkan Karakter Peserta Didik Pancasila di UPT SD Negeri 119 Gresik.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum merdeka belajar bukan sebagai pengganti program yang sudah berjalan tetapi memperbaiki sistem yang ada. Penerapan kurikulum merdeka, seperti modul pengajaran, tujuan pembelajaran, dan alur tujuan pembelajaran. Guru tidak bisa lagi gegabah dalam membuat RPP untuk merancang kegiatan belajar mengajar mingguan dan memperkuat profil siswa Pancasila. Kurangnya pengenalan pendidikan karakter di lingkungan sekolah bisa menjadi pemicu penurunan nilai-nilai moral bangsa Indonesia, ketidakcukupan pelaksanaan prinsip-prinsip karakter dalam institusi pemerintahan dan dalam masyarakat, selain itu, dampak kuat dari globalisasi yang mengabaikan warisan nilai-nilai budaya bangsa yang perlu dijaga. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan metode word square dan scramble dalam menumbuhkan karakter peserta didik Pancasila. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran tentang situasi dan kondisi dengan menyelidiki berbagai sumber kebijakan pemerintah. Analisis identifikasi masalah dan penentuan solusi dilakukan dengan menggunakan analisis pohon masalah. Hasil penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran yang menekankan nilai-nilai otentik (seperti Word Square dan Scramble) dapat membantu siswa lebih memahami dan menerapkan konsep yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari khususnya pembentukan karakter siswa. Hal ini dikarenakan metode ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan berinteraksi dengan lingkungannya dan menggunakan keahliannya untuk mengamati dan menganalisis. Penggunaan metode pembelajaran yang menekankan nilai-nilai otentik (seperti Word Square dan Scramble) dapat membantu siswa lebih memahami dan menerapkan konsep yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, penerapan metode pembelajaran Word Square dan Scramble dapat dianggap efektif dalam meningkatkan nilai autentik dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pancasila, Scramble, Word Square |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Rizky Amalia Miftakhul Jannah |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 17:18 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 17:18 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12117 |
Actions (login required)
View Item |