Lisnawati, Angga Dwita Desi (2024) Analisis Kemampuan Inisiatif Peserta Didik SMP Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Pada Pembelajaran Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12 (2). pp. 336-346. ISSN 2502-4671
|
Text
lembar persetujuan .pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
artikel Angga Dwita Desi L.pdf Download (368kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah kontekstual merupakan kemampuan yang perlu dikembangkan dalam menghadapi kehidupan nyata. Salah satu faktor internal yang perlu diperhatikan adalah kemampuan inisiatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan inisiatif peserta didik SMP dalam memecahkan masalah kontekstual pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII C SMP Negeri 34 Gresik Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan angket. Peserta didik mengerjakan tes dalam bentuk essai yang berisi dua soal kontekstual materi aljabar, dan angket yang berisi 15 item pernyataan. Kemudian, data akan dianalisis dengan menghitung persentase pada setiap indikatornya serta menggolongkan subjek penelitian kedalam kategori yang ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan inisiatif peserta didik kelas VII SMP tergolong tinggi dengan persentase 67%, meskipun kemampuan inisiatifnya tergolong tinggi tetapi kemampuan pemecahan masalah kontekstual mereka tergolong sedang dengan persentase 45%. Hal ini dapat dilihat pada analisis disetiap indikatornya yaitu peserta didik masih kurang pada indikator keterampilan berpikir luwes dalam kemampuan pemecahan masalah kontekstual, dan lebih banyak pada indikator berani mengambil risiko dalam kemampuan pemecahan masalah kontekstual.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah, Kontekstual, Inisiatif, Matematika |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Angga Dwita Desi Lisnawati |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 03:06 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 03:06 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12307 |
Actions (login required)
View Item |