Analisis Kepuasan Konsumen Produk Brankas Pada CV. XYZ

Joyosumo, Elvira Maharani (2024) Analisis Kepuasan Konsumen Produk Brankas Pada CV. XYZ. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (JIMEA), 8 (3). pp. 2782-2792. ISSN 2541-5255

[img]
Preview
Text
halaman persetujuan elvira.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
Artikel_Elvira Maharani Joyosumo.pdf

Download (237kB) | Preview
Official URL: https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article...

Abstract

Kepuasan konsumen diukur melalui beberapa aspek utama, seperti kualitas produk, harga, kualitas layanan, emosional, dan biaya. Dari hasil wawancara mendalam dengan beberapa konsumen, ditemukan bahwa mayoritas konsumen puas dengan produk yang disediakan. Para konsumen memberikan apresiasi terhadap ketangguhan brankas yang dilengkapi dengan fitur keamanan ganda, seperti kunci kombinasi, kunci sentral, dan kunci anak kombinasi, serta kualitas material yang kokoh dengan standar SNI. Dari segi tampilan, brankas dinilai memiliki desain yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan estetika konsumen. Selain itu, para konsumen juga puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh CV. XYZ, terutama dalam hal respon cepat terkait permasalahan produk. Keandalan produk dalam menjaga keamanan barang berharga dari pencurian dan kerusakan menjadi salah satu faktor yang paling diapresiasi oleh konsumen. Meskipun harganya digolongkan lebih mahal dari kompetitor tetapi sepadan dengan kualitas produknya, serta adanya pemberian garansi. Dalam penelitian ini, metode kualitatif digunakan melalui wawancara mendalam dengan infoman. Teknik analisis yang digunakan termasuk pengumpulan data, pengurangan data, penyampaian data, dan pengambilan keputusan atau verifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pelanggan dengan produk brankas CV. XYZ. Hasilnya menunjukkan bahwa CV. XYZ berhasil memenuhi ekspektasi pelanggannya dengan produknya yang berkualitas tinggi dan layanan yang memuaskan. Oleh karena itu, tingkat kepuasan pelanggan dengan produk brankas CV. XYZ cenderung meningkat setiap tahunnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Konsumen, Meningkat.
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Management
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Elvira Maharani Joyosumo
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:59
Last Modified: 26 Mar 2025 02:59
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12631

Actions (login required)

View Item View Item