Etika Manajemen Laba (Earning Management) Perspektif Agama Islam: Sebuah Studi Interpretatif

Mawaddah, Intan Iis (2016) Etika Manajemen Laba (Earning Management) Perspektif Agama Islam: Sebuah Studi Interpretatif. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (223kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (87kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (581kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan tanggapan praktik manajemen laba menurut tinjauan etika Islam. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis data yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan beberapa informan yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan unit analisis sikap yang mengacu pada etika perspektif agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laba tidak memenuhi etika secara umum dalam perspektif Islam. Suatu perbuatan dikatakan beretika disebabkan atas adanya niat, tujuan dari dalam diri seseorang, serta dampak yang ditimbulkan bagi pihak lain (eksternal). Manajemen laba yang dilakukan karena niat memperoleh bonus dengan mengolah atau meratakan laba perusahaan sudah tentu tidak sesuai dengan etika Islam karena tidak mengandung iktikad baik dan mengandung unsur ketidakjujuran

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: University of Muhammadiyah Gresik > Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Accounting Study Program

Economic And Business > Accounting
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Library of Congress Subject Areas > Accounting Study Program
Depositing User: imam rasidi
Date Deposited: 24 Jun 2019 12:56
Last Modified: 26 Jun 2019 07:38
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item View Item