Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Siswa UPT SMPN 9 GRESIK

Maulidha, Syifa'ur Rohmah (2024) Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Siswa UPT SMPN 9 GRESIK. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2 (4). pp. 89-97. ISSN 2986-5506

[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
JIPSOSHUM+Vol+2+no+4+Nov+2024+hal+89-97.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ifrelresearch.org/index.php/jipsoshum-widy...

Abstract

Bullying merupakan masalah serius di lingkungan sekolah yang dapat berdampak negatif pada perkembangan psikologis dan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas konseling kelompok dalam mengurangi perilaku bullying di kalangan siswa UPT SMPN 9 Gresik. Konseling kelompok digunakan sebagai pendekatan intervensi yang berfokus pada peningkatan empati, komunikasi positif, dan pengendalian emosi di antara siswa. Metode penelitian ini melibatkan pendekatan kuantitatif metode eksperiment dengan one group pretest-posttest desaign untuk mengukur perubahan perilaku siswa sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok secara signifikan mampu menurunkan frekuensi perilaku bullying. Melalui kegiatan konseling, siswa belajar memahami dampak negatif bullying, membangun keterampilan sosial yang lebih baik, serta menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan harmonis. Temuan ini menunjukkan bahwa konseling kelompok merupakan strategi yang efektif dalam menangani perilaku bullying di sekolah dan dapat diterapkan secara lebih luas untuk mencegah perilaku agresif di kalangan siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku Bullying, Konseling Kelompok
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Syifa'ur Rohmah Maulidha
Date Deposited: 09 May 2025 06:35
Last Modified: 09 May 2025 06:35
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item View Item