Maulidha, Syifa'ur Rohmah (2024) Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Siswa UPT SMPN 9 GRESIK. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2 (4). pp. 89-97. ISSN 2986-5506
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
JIPSOSHUM+Vol+2+no+4+Nov+2024+hal+89-97.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bullying merupakan masalah serius di lingkungan sekolah yang dapat berdampak negatif pada perkembangan psikologis dan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas konseling kelompok dalam mengurangi perilaku bullying di kalangan siswa UPT SMPN 9 Gresik. Konseling kelompok digunakan sebagai pendekatan intervensi yang berfokus pada peningkatan empati, komunikasi positif, dan pengendalian emosi di antara siswa. Metode penelitian ini melibatkan pendekatan kuantitatif metode eksperiment dengan one group pretest-posttest desaign untuk mengukur perubahan perilaku siswa sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok secara signifikan mampu menurunkan frekuensi perilaku bullying. Melalui kegiatan konseling, siswa belajar memahami dampak negatif bullying, membangun keterampilan sosial yang lebih baik, serta menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan harmonis. Temuan ini menunjukkan bahwa konseling kelompok merupakan strategi yang efektif dalam menangani perilaku bullying di sekolah dan dapat diterapkan secara lebih luas untuk mencegah perilaku agresif di kalangan siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Bullying, Konseling Kelompok |
Subjects: | Psychology Psychology > Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Syifa'ur Rohmah Maulidha |
Date Deposited: | 09 May 2025 06:35 |
Last Modified: | 09 May 2025 06:35 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |