Penerapan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Gresik

Nasution, Icha Mareta (2024) Penerapan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Causalita Journal Of Psychology, 2 (2). pp. 195-203. ISSN 2988-2354

[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
Jurnal Ilmiah_Icha Mareta Nasution_210701056.pdf

Download (232kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.causalita.com/index.php/cs/article/...

Abstract

Kemandirian adalah faktor penting dalam pembelajaran karena membantu siswa mencapai kesuksesan dan prestasi. Siswa yang kurang mandiri dalam belajar seringkali mengalami kesulitan dalam mengambil tanggung jawab selama proses belajar, yang dapat memicu perilaku negatif seperti menunggu instruksi guru untuk menyelesaikan tugas, menyontek, dan sering terlambat mengumpulkan tugas. Solusi yang tepat adalah memberikan bimbingan dan arahan melalui pembiasaan pengelolaan diri dalam belajar yaitu dengan menerapkan pembelajaran teknik self-management. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre�eksperimental dengan desain one group pre test-post test. Dalam desain ini, tes awal (pre-test) diberikan sebelum perlakuan, dan tes akhir (post-test) diberikan setelah perlakuan. Sampel dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 65 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik self-management efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hal ini terbukti dari data pre-test sebelum perlakuan yang menunjukkan rata-rata 43,60 (kategori rendah) dan data post-test setelah perlakuan yang menunjukkan rata-rata 54,00 (kategori sedang). Peningkatan signifikan dari kategori rendah ke kategori sedang menunjukkan bahwa perlakuan tersebut memberikan dampak positif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: teknik self-management, kemandirian belajar, siswa
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Icha Mareta Nasution
Date Deposited: 19 May 2025 03:09
Last Modified: 19 May 2025 03:09
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12730

Actions (login required)

View Item View Item