Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Dengan Menggunakan Media Papan Flanel Pada Siswa Kelas 2 Di SDN Teguhan 1 Paron Ngawi

Rahmawati, Anita (2024) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Dengan Menggunakan Media Papan Flanel Pada Siswa Kelas 2 Di SDN Teguhan 1 Paron Ngawi. JTIEE Journal of Teaching in Elementery Education, 8 (2). pp. 164-170. ISSN 2599-2716

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL ANITA RAHMAWATI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
JURNAL ANITA RAHMAWATI.pdf

Download (254kB) | Preview
Official URL: https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep bilangan pada kelas 2 di SDN Teguhan 1 Paron, Ngawi. Hal ini karena pada siswa kelas 2 masih terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep bilangan diantaranya dalam membedakan antara satuan, puluhan, dan ratusan. Kesulitan ini diatasi oleh guru dengan penggunaan media papan flanel dengan 2 siklus pembelajaran. Kendalanya belum mampu membedakan mana satuan, mana puluhan, dan mana ratusan ketika dihadapkan pada bentuk bilangan. Hasil pembelajaran pemahaman konsep bilangan pada siklus 1 didapatkan 4 anak belum mampu membedakan mana satuan, mana puluhan, dan mana ratusan, sedangkan pada siklus 2 semua anak sudah mampu membedakan mana satuan, mana puluhan, dan mana ratusan. Dengan peningkatan ini disimpulkan bahwa dengan menggunakan papan flanel, kesulitan dalam memahami konsep satuan, puluhan, dan ratusan dapat teratasi. Kendala yang dihadapi saat proses pembelajaran adalah memahami konsep bilangan. Oleh karena itu direkomendasikan untuk membuat media sebelum penerapan media papan flanel dalam konsep bilangan terutama dalam membedakan satuan, puluha, dan ratusan bagi anak kelas 2 di SDN Teguhan 1 Paron Ngawi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep Bilangan, Media Papan Flanel
Subjects: Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Anita Rahmawati
Date Deposited: 17 Mar 2025 02:12
Last Modified: 17 Mar 2025 02:12
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12823

Actions (login required)

View Item View Item