MINAT BACA SANTRI DALAM METODE IQRA’ KLASIKAL DAN INDIVIDUAL PADA SANTRI TPA AL-IKHLAS MUHAMMADIYAH BENDIL KEPATIHAN MENGANTI GRESIK

ABIDIN, FITRIAH (2014) MINAT BACA SANTRI DALAM METODE IQRA’ KLASIKAL DAN INDIVIDUAL PADA SANTRI TPA AL-IKHLAS MUHAMMADIYAH BENDIL KEPATIHAN MENGANTI GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

Fenomena yang tidak terelakkan bahwa minat baca terhadap Al-Qur’an remaja sekarang ini sangat rendah, apalagi sampai mendalami isi dan tafsir Al-Qur’an secara mendalam. Hal ini seharusnya menjadi perhatian kita semua untuk mengupayakan sejak dini terhadap pembelajaran al-Qur’an semenjak masih anak-anak. Kesadaran belajar dengan minat yang tinggi nantinya akan memberikan pemahaman bahwa sebagai muslim wajib hukumnya untuk mempelajari al-qur’an karena termasuk rukun iman sekaligus sebagai pandangan hidup bagi umat islam. Untuk mengamalkan al-qur’an perlu untuk mempelajari dan memahaminya , dalam hal ini perlu kiranya untuk memberikan pembelajaran yang baik sejak dini kepada generasi muda dikarenakan fenomena makin jauhnya anak muda terhadap minat membaca al-qur’an, sehingga jika ada kesadaran sejak dini dari orang tua dan anak akan membawa pada kemampuan anak untuk membaca al-qur’an dengan baik dan benar . Dalam proses pengajaran dalam mendidik santri untuk memiliki kemampuan membaca dan memahami al-qur’an, diperlukan proses pembelajaran awal dengan mengenalkan huruf-huruf Arab, huruf hijaiyah, melafalkan yang dilakukan di TPA, dengan menggunakan metode iqra akan membantu anak didik/santri yang belum mahir membaca al-quran dengan lancar dan tajwid yang benar, maka belajar dengan menggunakan iqra’ akan membuat lebih menarik dan menyenangkan. Penalitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca santri dalam metode iqra’ klasikal dan individual santri dan mengetahui faktor-faktor pendukung minat baca santri dalam metode iqra’ klasikal dan individual santri di TPA Al-Ikhlas Muhammadiyah Bendil Kepatihan Menganti Gresik. Penelitian ini mengunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk memperoleh data dengan menggunakan pengumpulan data yang meliputi metode observasi, dokumentasi dan interview. Sumber datanya berasal langsung dari responden yaitu sumber data primer dan sekunder. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan di TPA Al-Ikhlas Muhammadiyah Bendil adalah santri di TPA Al-Ikhlas mempunyai minat baca yang tinggi dalam belajar membaca Al-quran melalui metode iqra’ baik secara klasikal maupun secara individual. Berpijak dari hal diatas, maka skripsi ini mengkaji tentang “Minat Baca Santri Dalam Metode Iqra’ Klasikal dan individual Pada Santri TPA Al-Ikhlas Muhammadiyah Bendil Kepatihan Menganti Gresik”. Dalam skripsi ini, penulis akhiri dengan beberapa kesimpulan dan saran yang ditujukan kepada guru ngaji TPA Al-Ikhlas Muhammadiyah Bendil untuk lebih mengembangkan strategi pembelajaran metode ini serta meningkatkan mutu pendidikan mengigat guru sebagai seorang pendidik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:21
Last Modified: 26 Jun 2019 04:21
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item View Item