Peningkatan Keterampilan Menyimak Siswa Melalui Model NHT (Numbered Heads Together) Kelas 2 SDN Watualang 3 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi

Utami, Ita Yuli Widya (2024) Peningkatan Keterampilan Menyimak Siswa Melalui Model NHT (Numbered Heads Together) Kelas 2 SDN Watualang 3 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. LenteraArfak Jurnal Pendidikan dan Sains, 3 (2). pp. 32-36. ISSN 2829-9744

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL_ITA YULI WIDYA UTAMI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ARTIKEL PUBLIKASI)
ARTIKEL _ ITA YULI WIDYA UTAMI.pdf

Download (223kB) | Preview
Official URL: https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraAr...

Abstract

Model pembelajaran dapat membantu pembelajaran lebih baik, bermakna dan menarik. Dalam belajar mengajar peran media pembelajaran juga penting untuk membantu proses belajar. sehingga peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas 2 SDN Watualang 3 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi terhadap kemampuan menyimak. 2). Peningkatan kemampuan belajar siswa dalam kemampuan menyimak dengan NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas 2 SDN Watualang 3 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Penelitian yang dilaksanakan di SDN Watualang 3, Aktifitas keseluruhan dilaksanakan selama 3 bulan menggunakan pendekatan Kualitatif, jenis penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 sejumlah 8 siswa di SDN Watualang 3 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis dalam penelitian ini akan dilakukan selama dan sesudah Tindakan penelitian. Data yang diperoleh dari setiap Teknik analisis data akan saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Data tersebut dapat dikelompokkan menjadi data proses dan data produk. Dari penelitian ini diperoleh nilai presentase ketuntasan kelas secara klasikal mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Pada Siklus I siswa mendapat perolehan rata-rata nilai sebesar 70,75% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 88,50%. Dengan demikian presentasi ketuntasan siswa dalam pembelajaran kemampuan menyimak meningkat secara signifikan yaitu pada siklus I sebesar 50% meningkat pada siklus II sebesar 100% melebihi ketuntasan klasikal sebesar 75%. Peningkatan pada siklus ini disebabkan oleh interaksi siswa serta peranan guru dalam pemberian bimbingan dan rangsangan/sanjungan terhadap siswa, sehingga terjadi perubahan tingkah laku anak menjadi lebih baik dan meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: meningkatkan Kemampuan Menyimak, Numbered Heads Together
Subjects: Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ita Yuli Widya Utami
Date Deposited: 17 Mar 2025 01:59
Last Modified: 17 Mar 2025 01:59
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item View Item