Analisis Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Dinda Sufi Ila Rahadatil ‘Aisy Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6270

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pebelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi literatur. Metode penelitian kualitatif studi literatur adalah salah satu jenis penelitian kualitatif yang menggunakan bahan pustaka atau literatur sebagai sumber data utama. Berdasarkan studi literatur, permasalahan-permasalahan yang muncul dalam motivasi pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, antara lain: (1) Pengkondisian Sebelum kbm. (2) Pengajar tidak memenuhi kualitifitas guru Bahasa. 3) Peserta didik mengalami kebosanan saat kbm Bahasa Indonesia. (4) Kurang instruksi dari guru. (5) Kurang kesadaran dan dukungan orang tua. (6) Fisik. (7) Startegi yang kurang tepat. (8) Internal siswa yang berkarakteristik pendiam.

Published

2024-10-21

How to Cite

‘Aisy, D. S. I. R. ., & Subayani, N. W. . (2024). Analisis Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 12431-12434. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6270