Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik

Rahmawati, Aprilindah (2025) Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik. JIP : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (3). pp. 455-464. ISSN 2987-7768

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal (1).pdf

Download (270kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL.pdf

Download (284kB)
Official URL: https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/...

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika materi perkalian siswa kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi perkalian siswa kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ex-post facto ini meneliti hubungan sebab-akibat yang tidak dimanipulasi atau diberi perlakuan (dirancang dan dilaksanakan) peneliti. Penelitian ini dilakukan di UPT SD Negeri 19 Gresik pada bulan November sampai Desember 2023 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik dengan jumlah 32 siswa. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik dengan persentase sebesar 85,47% pada kategori baik. Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik dengan persentase sebesar 56,47% pada kategori kurang. Hasil analisis regresi linier sederhana dari pengaruh kemampuan pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar 25,7%.

Item Type: Article
Subjects: Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Aprilindah Rahmawati
Date Deposited: 12 Mar 2025 03:44
Last Modified: 12 Mar 2025 03:44
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13113

Actions (login required)

View Item View Item