Ardhana, Descza Athiyyah Rachmanda (2024) Casual Video Game Untuk Mengurangi Stres Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Di Universitas Muhammadiyah Gresik. JPkMN :Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 6 (1). pp. 1484-1491. ISSN 2745-4053
![]() |
Text
Halaman persetujuan publikasi jurnal.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
decza - artikel (1).pdf Download (218kB) |
Abstract
Mahasiswa sangat rentan terkena stres. Pada umunya stres merupakan sebuah kondisi dimana manusia mengalami perasaan tertekan atau mengalami perasaan tegang dalam hidupnya. Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah casual video game dapat digunakan untuk mengurangi stres pada mahasiswa prodi pendidikan matemaika Universitas Muhammadiyah Gresik. Berdasarkan wawancara awal yang dilakukan, diketahui bahwa mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Gresik memenuhi 2 aspek stres, yaitu : psikologis dan biologis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen one grup pretest-pottest menggunakan casual video game. Dari sampel penelitian yang ditetapkan 5 subjek penelitian dari mahasiswa prosi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Gresik. Untuk mengetahui hasil dari intervensi yang dilakukan peneliti mengguanakan analisa nformation pretest-posttes menggunakan uji wilcoxon. Setelah dilakukan intervensi atau penelitian eksperimen dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis didapatkan p-value <0,05, maka Ha diterima, dan dapat disimpulkan bahwa casual video game dapat digunakan untuk mengurangi stress pada mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Gresik
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Stres Casual Video Game Game Flowe |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Decza Athiyyah Rachmanda Ardhana |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 02:56 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 02:56 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |