ANALISIS PENYEBAB KECELAKAAN KERJA PADA DEPARTEMENT MAINTENANCE DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN FAULT TREE ANALYSIS

Hilda Pratiwi, Analia and Dahda, Said Salim and Andesta, Deny (2018) ANALISIS PENYEBAB KECELAKAAN KERJA PADA DEPARTEMENT MAINTENANCE DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN FAULT TREE ANALYSIS. MATRIK. (Submitted)

[img] Text
13612141 Hilda Analia Pratiwi ANALISIS PENYEBAB KECELAKAAN KERJA PADA DEPARTEMENT MAINTENANCE.pdf

Download (384kB)
[img] Text
13612141 Hilda Analia Pratiwi ANALISIS PENYEBAB KECELAKAAN KERJA PADA DEPARTEMENT MAINTENANCE.pdf

Download (384kB)

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan suatu hal yang harus diterapkan dalam lingkungan pekerjaan, menghindari bahaya akibat kecelakaan kerja. Hal tersebut menjadi dasar dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis akar penyebab kecelakaan kerja. Melalui metode FMEA dan FTA diharapkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis akar penyebab kecelakaan. Data awal yaitu data kecelakaan kerja dan data hari hilang. Metode FMEA digunakan untuk mengidentifikasi kecelakaan, kemudian menentukkan nilai RPN dengan proses brainstorming. Penentuan intermediate dan basic event digunakan dengan brainstorming untuk mendapatkan kesepakatan penyebab menurut para pihak expert yang dianggap paham dan mengerti program keselamatan kerja. Kemudian melakukan penggambaran fault tree yang dilakukan berdiskusi bersama pihak HSE. Penilaian dimulai dari basic event kemudian akan membentuk suatu top event/failure sehingga akan diketahui besarnya nilai probabilitas yang muncul pada top event/failure. Dengan metode FMEA dapat diketahui nilai RPN, pada delapan kecelakaan yaitu kesetrum dengan nilai RPN 120, terbentur dan terjepit dengan nilai RPN 96, tergores RPN 126, terpeleset 140, terhantam 168, RPN 80 untuk gangguan penglihatan dan terjatuh dengan RPN 112. Hasil dari FTA terdapat tujuh basic event pada terhantam dengan nilai probabilitas 69.85% dan pada terpeleset terdapat enam basic event dengan nilai probabilitas 88.13%.

Item Type: Article
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Research Report
Depositing User: industri - industri
Date Deposited: 26 Jun 2019 06:46
Last Modified: 03 Jul 2019 02:13
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item