Pengaruh Self-Directed Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Islam Kelas VII SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik

Sabrina, Aisyah Okta (2024) Pengaruh Self-Directed Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Islam Kelas VII SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8 (2). pp. 492-501. ISSN 2548-5784

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (371kB)
[img] Text (Artiel Publikasi)
Artikel Aisyah Okta.pdf

Download (254kB)
Official URL: https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Directed Learning terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Al-Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen Quasi Eksperimental dengan desain The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik tahun ajaran 2023/2024. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan melalui Teknik Cluster dengan sistem stratified random sampling sehingga diperoleh kelas VII Care dan kelas VII DTCP dengan jumlah 60 siswa. Subyek penelitian ini pada kelas skontrol terdapat 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan, sedangkan pada kelas eksperimen terdapat 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes objektif (Post-test) berbentuk pilihan ganda dan wawancara. Metode analisis data yang dilakukan menggunakan analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test dengan menggunakan program SPSS 16.0. Hasil analisis deskriptif maka diperoleh nilai rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 68.83 sedangkan untuk nilai post-test kelas eksperimen yakni 96.67. Dari hasil analisis non parametrik maka diperoleh pembelajaran Self-Directed Learning berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Al-Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: al-islam; prestasi belajar; self-directed learning.
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Aisyah Okta Sabrina
Date Deposited: 06 May 2025 03:22
Last Modified: 06 May 2025 03:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13211

Actions (login required)

View Item View Item