Pengaruh Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan

Rosidah, Amilatur (2024) Pengaruh Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan. At-tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8 (2). pp. 482-491. ISSN 2549-2101

[img] Text
HP Amilatur .pdf

Download (134kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
3657-8874-1-PB (2).pdf

Download (212kB)
Official URL: https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/artic...

Abstract

Fokus utama dari studi ini untuk menunjukkan pengaruh efektivitas metode tutor sebaya dalam meningkatkan pemahaman siswa-siswi pada subjek materi Kemuhammadiyaan di SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. Metodologi yang dipakai dalam studi ini adalah pendekatan eksperimen kuantitatif dengan eksperimen Non Equivalent Control Group Design. Studi terkait mencakup du akelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII Carbon dan kelas VIII Dubnium, masing-masing berjumlah 25 siswa-siswi. Kelas VIII Dubnium dikenakan metode tutor sebaya, sementara kelas VIII Carbon menggunakan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data adalah posttest yang terdiri dari pertanyaanpertanyaan serta pilihan jawaban. Data yang terkumpul dianalisa memakai uji normalitas, uji homogenitas, dan teori memakai uji t untuk sampel independen.Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa metode tutor sebaya berpengaruh signifikan dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa-siswi selama proses pembelajaran, mengurangi rasa jenuh, serta dapat meningkatkan pemahaman siswa-siswi. Dengan demikian, metode ini berpotensi mengoptimalkan pencapaian akademik peserta didik pada mata pelajaran Kemuhammadiyaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode tutor sebaya; pemahaman; pencapaian akademik
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Amilatur Rosidah
Date Deposited: 15 May 2025 03:09
Last Modified: 15 May 2025 03:09
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13222

Actions (login required)

View Item View Item