Febiyani, Nabilah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Pembagian Dua Digit Siswa Kelas IV SD Almadany. Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1 (2). pp. 11-20. ISSN 3030-8496
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
11700 Download (58kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL (1).pdf Download (383kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi pembagian dua digit di SD Almadany Tahun Ajaran 2024/2025.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberi perlakuan dan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Almadany tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 54 siswa. Pengambilan sampel menggunakan pre-test dan post-test sebanyak 6 soal uraian. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diberikam model pembelajaran Discovery Learning meningkat, yaitu dari kategori Kurang menjadi Baik. Hasil inferensial menunjukkan kelompok data yang berdistribusi normal dan homogen, sehingga menggunakan uji paramterik yaitu independent sample dengan nilai Sig. 2 (tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi pembagian dua digit kelas IV di SD Almadany.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Discovery Learning , Matematika |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Nabilah Febiyani |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:30 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:30 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |