Agustina, Eka Safira (2024) Intervensi Psikologis Berbasis Permainan dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Wacana Psikokultural: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2 (1). pp. 14-21. ISSN 3031-6626
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUNLIKASI.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only until 9 April 2029. Download (444kB) |
Abstract
Peningkatan beban pelajaran dan tuntutan starndar kelulusan yang akan dihadapi dari jenjang SD ke SMP menjadikan tekanan tersendiri bagi setiap siswa dimana peningkatan motivasi belajar dapat dijadikan sebagai kekuatan untuk menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan sebagai upaya peningkatan motivasi belajar terhadap siswa dengan intervensi psikologis berbasis permainan dalam konseling kelompok. Pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest-posttest dipilih senagai metode dalam penelitian ini. Populasi dan sampel adalah seluruh siswa SD X kelas VI sebanyak 27 siswa. Data dijabarkan dan dikumpulkan menggunaakan angket motivasi belajar kemudian dianalisis menggunakan statistik nonparametrik dengan uji T berpasangan. Hasil penelitian yang diperoleh sebesar p = 0,000 < 0,05 maka dapat diinterpretasikan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest setelah diberikannya perlakuan, maka dapat disimpulkan bahwa intervensi psikologis berbasis permainan dalam konseling kelompok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Intervesi yang digunakan dalam penelitian ini dapat digunakan oleh guru atau konselor disekolah dalam peningkatan motivasi belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intervensi Psikologis, Konseling Kelompok, Motivasi Belajar |
Subjects: | Psychology Psychology > Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Eka Safira Agustina |
Date Deposited: | 16 May 2025 02:54 |
Last Modified: | 16 May 2025 02:54 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |