Penerapan Teknik Shaping untuk Meningkatkan Kemandirian Anak SD MUhmmadiyah 1 GKB

Putri, Yuniar Anasti (2024) Penerapan Teknik Shaping untuk Meningkatkan Kemandirian Anak SD MUhmmadiyah 1 GKB. Jurnal Psikologi dan Konseling West Science, 2 (04). pp. 226-232. ISSN 226-232

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (196kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
1375

Download (3kB)
Official URL: https://wnj.westsciences.com/index.php/jpkws/artic...

Abstract

Kemandirian anak merupakan aspek penting dalam perkembangan, yang perlu dibentuk sejak dini melalui bimbingan orang tua dan lingkungan. Ketidakmandirian, baik fisik maupun psikologis, dapat menghambat perkembangan kepribadian dan kemampuan sosialisasi anak. Teknik shaping, sebuah pendekatan psikologis yang diperkenalkan oleh B.F. Skinner, digunakan untuk melatih kemandirian anak melalui reinforcement bertahap. Program magang ini bertujuan menerapkan teknik shaping untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 1 GKB. Shaping membantu anak membangun kemandirian dengan memecah perilaku yang diharapkan menjadi langkah-langkah kecil yang diperkuat secara bertahap. Proses ini melibatkan analisis perilaku dan penentuan reinforcement yang tepat, dengan observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian anak, membangun keterampilan manajemen diri, serta meningkatkan motivasi dan minat belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemandirian anak, Teknik Shaping, B.F. Skinner, siswa kelas 1 SD
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Yuniar Anasti Putri
Date Deposited: 08 May 2025 03:24
Last Modified: 08 May 2025 03:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13367

Actions (login required)

View Item View Item