Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI SMK Muhammadiyah 10 Mantup Lamongan

Rohman, Mohammad Mujibur (2024) Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI SMK Muhammadiyah 10 Mantup Lamongan. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 8 (2). pp. 1-7. ISSN 2549-2101

[img] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (454kB)
[img] Text (Artikel publikasi)
3674-8909-1-PB.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 April 2030.

Download (202kB)
Official URL: https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/artic...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampaun berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI-Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 10 Mantup Lamongan, sehingga perlu adanya alternatif dalam merancang model yang efektif. Salah satu model yang dianggap efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran tersebut mampu membantu siswa mengingat informasi penting dalam bacaan dengan cepat dan kreatif. Penelitian ini difokuskan kepada upaya meningkatkan kemampuan analisa dan berpikir kritis siswa melalui penerapan model PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebagai hasil penerpan model PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 25 orang dan 1 orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di dalam kelas. Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan, ditemukan bahwa sebelum model ini diterapkan hanya 12% siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan setelah dilakukan penerapan model ini siswa yang tadinya hanya 12% meningkat menjadi 80%. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa meningkat setelah diterapkannya model PBL. Oleh karena itu, model PBL dapat digunakan sebagai alternatif dalam dunia pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara khusus dan mata pelajaran lainnya secara umum

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis; pendidikan agama islam; problem based learning
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion > Islamic
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Mohammad Mujibur Rohman
Date Deposited: 15 Apr 2025 03:11
Last Modified: 15 Apr 2025 03:11
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13368

Actions (login required)

View Item View Item