PENGUKURAN NILAI OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS SEBAGAI DASAR USULAN PERBAIKAN KINERJA PADA PROSES MESIN ANNEALING PICKLING LINE DI PT. JINDAL STAINLESS LIMITED

Santoso, Wisnu Aditya Agung and Pusporini, Pregiwati and Andesta, Deny (2018) PENGUKURAN NILAI OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS SEBAGAI DASAR USULAN PERBAIKAN KINERJA PADA PROSES MESIN ANNEALING PICKLING LINE DI PT. JINDAL STAINLESS LIMITED. MATRIK. (Submitted)

[img] Text
12612089 Wisnu Aditya Agung PENGUKURAN NILAI OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS SEBAGAI DASAR USULAN PERBAIKAN KINERJA.pdf

Download (866kB)

Abstract

PT.Jindal Stainless Limited merupakan perusahan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan stainless stell dengan bentuk produk coil dan sheet. Perusahaan tersebut tidak lepas dari permasalahan produksi yang berkaitan dengan efektivitas mesin beserta peralatan yang ada untuk menunjang produksi. Overall equipment effectiveness digunakan untuk mengukur efektivitas penggunaan peralatan sebagai salah satu aplikasi program Total Productive Maintenance dengan mengeliminasi six big losses peralatan. Overall equipment effectiveness adalah tingkat keefektifan fasilitas secara menyeluruh yang diperoleh dengan memperhitungkan availability rate, performance rate, dan rate of quality. Pengukuran OEE ini didasarkan pada pengukuran tiga rasio, yaitu : availability rate, performance rate, dan rate of quality product. Pengukuran nilai OEE selanjutnya dilakukan perhitungan dengan metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) dan Risk Priority Number (RPN) sehingga dapat diketahui penyebab rendahnya nilai OEE pada mesin Annealing Pickling Line. Berdasarkan pengolahan data pada mesin Annealing Pickling Line yang diperoleh pada periode September 2016 - Agustus 2017, Availability 81,12 %, Performance Efficiency 99,80%, Quality Rate 98,04% Dan OEE 79,43%. Nilai OEE tersebut di bandingkan dengan OEE kelas dunia yang telah di capai pada mesin Annealing Pickling Line dikatakan belum mencapai kondisi ideal. Faktor Six Big Losses Breakdown Losess 62,05070%, Set Up And Adjustment Losses 23,59365%, Reduced Speed Losses 10,23070%, Idling And Minor Stopages 0,21047%, Rework Speed Losses 3,84876%, Scrap/Yiled Losses 0,06572%.

Item Type: Article
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Research Report
Depositing User: industri - industri
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:20
Last Modified: 26 Jun 2019 07:20
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item