Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMK Ditinjau dari Kecemasan Matematis

Hermawan, Sony Elvianto (2024) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMK Ditinjau dari Kecemasan Matematis. Postulat (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2 (1). pp. 2-3. ISSN 2723-0600

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (197kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
Jurnal Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2030.

Download (456kB)
Official URL: https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/artic...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa karena dalam pembelajaran matematika untuk dapat melanjutkan ke materi yang baru siswa harus memahami konsep terlebih dahulu. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep adalah kecemasan matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa SMK ditinjau dari kecemasan matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 4 Sangkapura, dengan populasi penelitian adalah siswa kelas X dengan jumlah 13 siswa pada tahun pelajaran 2023/2024 semester genap. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kecemasan matematis, tes kemampuan pemahaman konsep dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan siswa kedalam kategori tingkat kecemasan matematis rendah, sedang dan tinggi, kemudian memilih 3 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil tes kemampuan pemahaman konsep dan wawancara kemudian dianalisis berdasarkan tingkat kecemasan matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan matematis rendah mampu memenuhi semua indikator 1 sampai 6, kemudian siswa dengan tingkat kecemasan matematis sedang mampu memenuhi 5 indikator yaitu indikator 1, 2, 3, 5 dan 6. Sedangkan siswa dengan tingkat kecemasan matematis tinggi hanya mampu memenuhi 2 indikator yaitu indikator 1 dan 2.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Kecemasan Matematis
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Sony Elvianto Hermawan
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:07
Last Modified: 25 Apr 2025 02:07
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13527

Actions (login required)

View Item View Item