Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Melalui Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Di Kelas III SDN Pelangkidul 3 Ngawi

Rokhman, Akhmad Nur (2024) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Melalui Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Di Kelas III SDN Pelangkidul 3 Ngawi. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Arfak, 3 (2). pp. 60-71. ISSN 2829-9744

[img] Text
JURNAL_2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (416kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (33kB)
Official URL: https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraAr...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata Pelajaran matematika menggunakan media Puzzle. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Pelangkidul 3. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan media Puzzle dan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) mampu meningkatkan hasil belajar siswa mata Pelajaran Matematika materi Bangun datar. Hal tersebut ditunjukan dengan pada siklus I pertemuan pertama dengan persentase ketunasan 43,0% atau 3 siswa dari 7 siswa yang sudah faham materi bangun datar dengan nilai rata-rata 75. Kemudian pada siklus II pertemuan kedua hasil persentase ketuntasan naik menjadi 100% atau 7 siswa dari 7 siswa yang sudah faham materi bangun datar dengan nilai ratarata 82,87.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education (RME),Hasil Belajar Matematika, Media Puzzle
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Akhmad Nur Rokhman
Date Deposited: 06 May 2025 04:26
Last Modified: 06 May 2025 04:26
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13537

Actions (login required)

View Item View Item