Pengembangan Pop Up BookHewan Vertebrata dan Invertebrata Pesisir Pantai Gresik untuk Sekolah Dasar

Afifah, Novi Zumrotul (2025) Pengembangan Pop Up BookHewan Vertebrata dan Invertebrata Pesisir Pantai Gresik untuk Sekolah Dasar. Kalam Cendikia Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13 (1). pp. 1-10. ISSN 2338-9400

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (152kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2024_TA_PGSD_200404003_JURNAL.pdf

Download (853kB)
Official URL: https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/98723

Abstract

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih bergantung pada buku teks, sehingga diperlukan media inovatif yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop Up Book khas wilayah pesisir Gresik guna memudahkan siswa mengenali contoh hewan vertebrata dan invertebrata di lingkungan sekitar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, validasi media dan pembelajaran, angket respon siswa, serta tes kemampuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop Up Book memperoleh nilai validitas sebesar 90% dari ahli media dan materi, dengan hasil belajar siswa meningkat di atas KKM, yaitu rata-rata 90. Respon siswa terhadap media ini juga sangat positif, dengan skor 90% yang dikategorikan sangat praktis. Dengan demikian, Pop Up Book dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menarik dalam menunjang pemahaman siswa tentang hewan vertebrata dan invertebrata di pesisir Gresik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media, Pop Up Book, Pesisir Gresik
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Novi Zumrotul Afifah
Date Deposited: 08 May 2025 02:42
Last Modified: 08 May 2025 02:42
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13651

Actions (login required)

View Item View Item