Analisis Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri XYZ

Islam, Tiara Fauzul (2025) Analisis Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri XYZ. Journal of Management, 8 (2). pp. 410-422. ISSN 2614-851X

[img] Text
9. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (147kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
8. JURNAL ARTIKEL.pdf

Download (656kB)
Official URL: https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/art...

Abstract

Terdapat kemungkinan fenomena rendahnya kinerja guru pada SD Negeri XYZ yang dapat dilihat dari penilaian kinerja gurunya yang rendah sekaligus rekapitulasi absensi yang menunjukkan kurangnya kedisiplinan para guru. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab dari rendahnya kinerja para guru SD Negeri XYZ serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan para guru tersebut guna meningkatkan kinerjanya kembali. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode purposive sampling untuk pengambilan sampel. Terdapat empat informan pada penelitian ini, diantaranya tiga guru P3K dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan kinerja guru rendah adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya dari kepribadian para guru, penguasaan kompetensi guru, dan permasalahan pribadi atau konflik pribadi, sedangkan faktor eksternal diantaranya faktor lingkungan, perubahan kurikulum, konflik kerja, sarana prasarana sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, dan karakter siswa. Namun di sisi lain, para guru juga memiliki beberapa upaya guna meningkatkan kinerjanya agar lebih baik lagi, seperti mempelajari terkait strategi atau model pembelajaran, mempelajari terkait RPP dan modul ajar, memperbaiki masalah kedisiplinan, serta belajar untuk menguasai karakter siswa secara keseluruhan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Performance, Teacher
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Management
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Tiara Fauzul Islam
Date Deposited: 16 May 2025 03:37
Last Modified: 16 May 2025 03:37
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13697

Actions (login required)

View Item View Item