Gambaran Pengembangan Kepercayaan Diri pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di SMA “X” Kabupaten Gresik

Rinata, Ayu (2025) Gambaran Pengembangan Kepercayaan Diri pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di SMA “X” Kabupaten Gresik. Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 3 (2). pp. 293-305. ISSN 3031-0156

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (23kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
1481

Download (3kB)
Official URL: https://journal.arikesi.or.id/index.php/Obsesrvasi...

Abstract

Tidak semua individu memiliki kepercayaan diri, salah satunya pemicunya karena memiliki keterbatasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengembangan kepercayaan diri pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMA “X” Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus, dengan subjek PDBK autis, slow learner serta indikasi tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles and Huberman. Kredibilitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PDBK dengan autis mampu untuk melakukan aktivitas secara mandiri, meyakini hal yang ia lakukan, bertanggung jawab, menyadari dan menerima kekurangan diri, mengetahui alasan dan dampak di balik suatu tindakan, mampu berinteraksi dengan orang lain, beradaptasi dengan lingkungan serta menunjukkan sikap toleransi terhadap orang lain. PDBK dengan slow learner mampu untuk melakukan aktivitas dan mengambil keputusan sendiri, bertanggung jawab, menyadari dan menerima kekurangan diri, mengetahui alasan dan dampak di balik suatu tindakan, mampu beradaptasi dengan lingkungan, dan menunjukkan sikap toleransi terhadap orang lain. Sementara itu, PDBK dengan indikasi tunagrahita ringan tidak bisa langsung didekati, perlu waktu lebih lama untuk mendekati subjek. Orang-orang terdekat memiliki peranan penting dalam pengembangan kepercayaan diri subjek, diantaranya keluarga, guru pendamping khusus, serta teman-teman sekelas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK)
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Ayu Rinata
Date Deposited: 20 May 2025 02:28
Last Modified: 20 May 2025 02:28
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13700

Actions (login required)

View Item View Item