Arvina, Afrohul Himmah (2025) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Jual Beli Terhadap Pemahaman Konsep Pengurangan Bersusun Kelas III MI Ma'arif Al-Hasani. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (15MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (19MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (26MB) |
Abstract
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Jual Beli Terhadap Pemahaman Konsep Pengurangan Bersusun Kelas III MI Ma’arif Al-Hasani. (Dibimbing oleh Dr. Arissona Dia Indah Sari, M.Pd dan Arya Setya Nugroho, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal dan pengaruh penerapan metode pembelajaran simulasi jual beli terhadap kemampuan pemahaman konsep pengurangan bersusun kelas III di MI Ma’arif Al-Hasani Tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu pre eksperiment design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yakni pre-test untuk mengetahui kemapuan awal siswa dan post-test untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran simulasi jual beli terhadap pemahaman konsep siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Ma’arif Al-Hasani tahun ajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan ditemukan bahwa kemampuan awal siswa termasuk dalam kategori rendah sesuai dengan nilai rata rata pre-test sebesar 52,70 dan nilai rata-rata post-test sebesar 89,22. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemahamn konsep siswa meningkat dan sesuai dengan hasil nilai Asymp. Sig. 2 (tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis Diterima” sehingga terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran simulasi jual beli terhadap pemahaman konsep pengurangan bersusun kelas III MI Ma’arif Al-Hasani.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Metode Pembelajaran Simulasi Jual Beli |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Afrohul Himmah Arvina |
Date Deposited: | 20 May 2025 02:45 |
Last Modified: | 20 May 2025 02:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |