Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Jual Beli Terhadap Pemahaman Konsep Pengurangan Bersusun Kelas III MI Ma'arif Al-Hasani

Arvina, Afrohul Himmah (2025) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Jual Beli Terhadap Pemahaman Konsep Pengurangan Bersusun Kelas III MI Ma'arif Al-Hasani. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 2 (2). pp. 103-114. ISSN 3046-5699

[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ARTIKEL(2).pdf

Download (126kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
Katalis+Pendidikan+-+Volume+2,+Nomor+2,+Juni+2025+hal+103-114.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 May 2030.

Download (457kB)
Official URL: https://journal.lpkd.or.id/index.php/Katalis/artic...

Abstract

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Jual Beli Terhadap Pemahaman Konsep Pengurangan Bersusun Kelas III MI Ma’arif Al-Hasani. (Dibimbing oleh Dr. Arissona Dia Indah Sari, M.Pd dan Arya Setya Nugroho, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal dan pengaruh penerapan metode pembelajaran simulasi jual beli terhadap kemampuan pemahaman konsep pengurangan bersusun kelas III di MI Ma’arif Al-Hasani Tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu pre eksperiment design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yakni pre-test untuk mengetahui kemapuan awal siswa dan post-test untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran simulasi jual beli terhadap pemahaman konsep siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Ma’arif Al-Hasani tahun ajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan ditemukan bahwa kemampuan awal siswa termasuk dalam kategori rendah sesuai dengan nilai ratarata pre-test sebesar 52,70 dan nilai rata-rata post-test sebesar 89,22. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemahamn konsep siswa meningkat dan sesuai dengan hasil nilai Asymp. Sig. 2 (tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis Diterima” sehingga terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran simulasi jual beli terhadap pemahaman konsep pengurangan bersusun kelas III MI Ma’arif Al-Hasani

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Metode Pembelajaran Simulasi Jual Beli
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Afrohul Himmah Arvina
Date Deposited: 20 May 2025 02:43
Last Modified: 20 May 2025 02:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13728

Actions (login required)

View Item View Item