Pengaruh Kemandirian Siswa dalam Mengerjakan Tugas terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 3 SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4228Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh dalam penerapan pola kemandirian terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 3 UPT SDN 78 Gresik. Jumlah populasi siswa yaitu 17 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data angket. Metode penelitian ini menggunakan data Ordinal.Hasil penelitian ini diketahui nilai signifikan ± 90% siswa mengalami peningkatan hasil belajar karena adanya pengaruh pola kemandirian. Dari pernyataan tersebut dapat dinyatakan pengaruh pola kemandirian terhadap hasil belajar sangat dibutuhkan, selain mempengaruhi terhadap hasil belajar kemandirian juga memberi bekal kedisiplinan bagi siswa untuk kedepannya.