Pengaruh Kemandirian Siswa dalam Mengerjakan Tugas terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 3 SD

Authors

  • Zahra Wardah Maulidiyah Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Afakhrul Masub Bakhtiar Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4228

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh dalam penerapan pola kemandirian terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 3 UPT SDN 78 Gresik. Jumlah populasi siswa yaitu 17 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data angket. Metode penelitian ini menggunakan data Ordinal.Hasil penelitian ini diketahui nilai signifikan ± 90% siswa mengalami peningkatan hasil belajar karena adanya pengaruh pola kemandirian. Dari pernyataan tersebut dapat dinyatakan pengaruh pola kemandirian terhadap hasil belajar sangat dibutuhkan, selain mempengaruhi terhadap hasil belajar kemandirian juga memberi bekal kedisiplinan bagi siswa untuk kedepannya.

Published

2024-03-13

How to Cite

Maulidiyah, Z. W. ., Subayani, N. W. ., & Bakhtiar, A. M. . (2024). Pengaruh Kemandirian Siswa dalam Mengerjakan Tugas terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 3 SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3234-3239. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4228