PENGARUH KEMAMPUAN KELIPATAN BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMBAGIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IVA MI. MIFTAHUL ULUM GRESIK

SYANI, NUR FAIZA NITA (2014) PENGARUH KEMAMPUAN KELIPATAN BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMBAGIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IVA MI. MIFTAHUL ULUM GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Mempelajari matematika dimulai dari konsep-konsep yang sederhana berlanjut ke konsep-konsep yang lebih kompleks. Operasi perkalian merupakan konsep prasyarat dalam menyelesaikan soal-soal pembagian. Dalam perkalian terdapat konsep kelipatan bilangan. Antara perkalian, pembagian dan kelipatan bilangan saling terkait satu sama lain. Melihat kenyataan yang ada ternyata tidak sedikit peserta didik sekolah dasar kelas IV mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pembagian. Dimungkinkan kesulitan yang dialami peserta didik dalam penyelesaian soal-soal pembagian adalah karena kurangnya kemampuan peserta didik terhadap kemampuan kelipatan bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan kelipatan bilangan terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal pembagian pada peserta didik kelas IVA MI. Miftahul Ulum Gresik. Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kelipatan bilangan terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal pembagian maka dilakukan penelitian kuantitatif jenis penelitian cause effect. Sampel penelitiannya adalah kelas IVA MI. Miftahul Ulum Gresik yang berjumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan datanya berupa tes kelipatan bilangan dan tes menyelesaikan soal-soal pembagian. Metode analisis datanya adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kemampuan kelipatan bilangan terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal pembagian pada peserta didik kelas IV A MI. Miftahul Ulum Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:27
Last Modified: 28 Jun 2019 02:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item