Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Disiplin Sholat Siswa

Qadri, Muhammad Al-Lail (2024) Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Disiplin Sholat Siswa. TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7 (2). pp. 253-265. ISSN 2621-847X

[img] Text
persetujuan publikasi jurnal.pdf

Download (395kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
12.+Muhammad+Al-Lail+Qadri (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2030.

Download (493kB)
Official URL: https://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TARLIM...

Abstract

Didalam agama islam tentunya diajarkan sholat sebagai bentuk kedisiplinan seorang hamba kepada Rabbnya. Pada konteks kehidupan duniawi ini shalat adalah suatu proses terbangunya komunikasi antara seorang manusia sebagai hamba dengan penciptanya yakni Allah Azza Wajallah sebagai Sang Kholiq. Sebab shalat menjadi pemisah serta pembeda antara yang baik dan tidak baik. Sholat menjadi penyeimbang bagi dimensi kehidupan manusia, karena manusia akan mencapai dan berupaya menghadirkan Tuhan dalam proses kehidupannya. Karena sholat akan mencegah kepada kemungkaran. Dari hal tersebut menjadikan alasan dan tujuan peneliti mengambil judul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Disiplin Sholat Siswa SMP Muhammadiyah 4 Kebomas”. Metode yang digunakan dalam Peneliti dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa pada smp muhammadiyah 4 kebomas sebanyak 114 siswa. dalam hal ini sampel yang diambil yakni model simple random sampling dengan menggunakan rumus sloving 10 % berarti sampel sebanyak 31 siswa. pengumpulan data yang digunakan pada penilitian ini yakni metode Instrumen angket, observasi, dan analisis data. Analisis data yang di gunakan yakni kuantitatif koleratif secara koefisien korelasi. pengukuran yang digunakan untuk mngetahui menggunakan software SPSS dengan Langkah Pengujian ; Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, dan Uji Hipotesis. -Berdasarkan nilai signifikansi Sig (2-tailed) antara variabel X dengan Variabel Y adalah sebesar 0,001 < 0,05 sehinga berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Kesimpulan yang dapat ditarik dari perhitungan di atas adalah menerima pada Hipotesis Alternatif, yang menyatakan bahwa disiplin sholat siswa SMP Muhammadiyah 4 Kebomas dipengaruhi oleh pendidikan agama Islam. Serta menolak Hipotesis Null yang menyatakan Di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas, pendidikan agama Islam tidak berpengaruh pada disiplin sholat siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Agama Islam, Disiplin, Sholat
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Muhammad Al-Lail Qadri
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:39
Last Modified: 04 Jul 2025 02:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14042

Actions (login required)

View Item View Item