Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kesadaran Tadarus Al Qur’an Siswa

Ahmad, Ahmad (2024) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kesadaran Tadarus Al Qur’an Siswa. TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7 (2). pp. 221-229. ISSN 2621-847X

[img] Text
CamScanner 30-06-2025 14.12.pdf

Download (226kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
9.+Ahmad.pdf

Download (289kB)
Official URL: https://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TARLIM...

Abstract

SMP Muhammadiyah 4 Kebomas Merupakan sekolah yang memiliki siswa yang latar belakang yang mempunyai kemampuan di bidang yang berbeda-beda, ada yang bagus di bidang umumnya dan ada pula yang bagus di bidang keagamaannya. Oleh karana itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan Strategi pembelajaran PAI dalam menumbuhkan kesadaran tadarus al-Qur’an siswa SMP Muhammadiyah 4 kebomas dengan menggunakan metode tajdied yang di gunakan di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan jenis penelitian yang dipakai ialah deskritif kualitif. Informan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observsi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan pengumpulan data akan di analisis menggunakan metode analisis datanya ialah deskriptif kualitatif. subjek penelitian berasal dari siswa dan guru PAI sekaligus ketua Ismuba. Sumber lain yang di gunakan peneliti ialah melalui dokumen dan jurnal jurnal seluruh kegiatan di SMP Muhammadiyah 4 kebomas. Dalam penelitian metode tajdied yang di gunakan, dapat terbukti sebagai metode utama yang efektif dan efisien untuk perkembangan belajar membaca dan menghafal al-Qur’an. Dan untuk kegiatan pembiasaan yang di lakukan yakni setiap hari sebelum masuk ke kelas masing-masing masing dengan pembagian siswa secara berkelompok yang sesuai dengan kemampuannya dengan  menggunakan sistem kasikal, guru membaca ayat yang di pelajari atau di hafalkan lalu siswa akan merespon apa yang di baca oleh guru tersebut dan itu di lakukan secara berulang-ulang. Hasilnya dengan menggunakan metode yang seperti itu bagi siswa terbukti sangat efesien. Terlihat dari hasil perubahan atau perkembangan setiap siswa yang sudah mengikuti program ini sudah banyak perkembangan baik dari segi membaca al-Qur’an ataupun menghafalkan al-Qur’an.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tadarus Al-Qur'an
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Ahmad Ahmad
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:41
Last Modified: 04 Jul 2025 02:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14050

Actions (login required)

View Item View Item