Determinan Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Aplikasi Shopee: Persepsi Gen-Z

Diana, Yusrod (2025) Determinan Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Aplikasi Shopee: Persepsi Gen-Z. Paradoks Jurnal Ilmu Ekonomi, 8 (3). pp. 692-705. ISSN 2622-6383

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (213kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL.pdf

Download (384kB)
Official URL: https://jurnal.feb-umi.id/index.php/PARADOKS/artic...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian produk fesyen oleh anggota Generasi Z di situs e-commerce Shopee. Variabel independen yang digunakan adalah “Perceived E-WOM”, “Perceived Price,” “Perceived Quality,” “Perceived Emotional Value,” “Perceived Risk,” dan “Trust”, sedangkan variabel dependen adalah “Purchase Decision”. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan mensurvei 350 konsumen setia Shopee di Kabupaten Gresik dengan menggunakan kuesioner daring. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SmartPLS 4.0. “Perceived E-WOM, Perceived Price, Perceived Quality, Perceived Emotional Value, dan Trust” merupakan lima dari enam faktor yang secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian akhir konsumen. Di sisi lain, Perceived Risk tidak memberikan hasil yang signifikan. Enam faktor tersebut mencakup 85,9% varians dalam pilihan pembelian, menurut nilai R-kuadrat sebesar 0,859. Hasil ini memiliki konsekuensi signifikan bagi kampanye pemasaran e-commerce fesyen yang menargetkan demografi Gen-Z.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perceived E-WOM, Perceived Price, Perceived Quality, Perceived Emotional Value, Perceived Risk, Trust, Purchase Decision, Gen-Z, Shopee.
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Management
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Yusrod Diana
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:33
Last Modified: 08 Jul 2025 02:33
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item