Diana, Yusrod (2025) Determinan Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Aplikasi Shopee: Persepsi Gen-Z. Paradoks Jurnal Ilmu Ekonomi, 8 (3). pp. 692-705. ISSN 2622-6383
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL.pdf Download (384kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian produk fesyen oleh anggota Generasi Z di situs e-commerce Shopee. Variabel independen yang digunakan adalah “Perceived E-WOM”, “Perceived Price,” “Perceived Quality,” “Perceived Emotional Value,” “Perceived Risk,” dan “Trust”, sedangkan variabel dependen adalah “Purchase Decision”. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan mensurvei 350 konsumen setia Shopee di Kabupaten Gresik dengan menggunakan kuesioner daring. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SmartPLS 4.0. “Perceived E-WOM, Perceived Price, Perceived Quality, Perceived Emotional Value, dan Trust” merupakan lima dari enam faktor yang secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian akhir konsumen. Di sisi lain, Perceived Risk tidak memberikan hasil yang signifikan. Enam faktor tersebut mencakup 85,9% varians dalam pilihan pembelian, menurut nilai R-kuadrat sebesar 0,859. Hasil ini memiliki konsekuensi signifikan bagi kampanye pemasaran e-commerce fesyen yang menargetkan demografi Gen-Z.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perceived E-WOM, Perceived Price, Perceived Quality, Perceived Emotional Value, Perceived Risk, Trust, Purchase Decision, Gen-Z, Shopee. |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Management Study Program |
Depositing User: | Yusrod Diana |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:33 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:33 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |